Pengikut Boyzzonne

Wednesday, September 26, 2012

Cara Mengatasi Kulit Telapak Kaki Pecah-Pecah

Kulit telapak kaki pecah-pecah memang sering menjadi masalah tersendiri atau mengganggu penampilan bagi sebagian orang terutama wanita. Karena, selain terlihat tidak indah, telapak kaki yang pecah-pecah juga menyebabkan kulit telapak kaki menjadi kering dan rentan akan kuman yang masuk kedalam tubuh melalui celah-celah di telapak kaki tersebut.


Kulit pada telapak kaki lebih tebal daripada bagian yang lain, karena memang telapak kaki memiliki tugas berat. Bayangkan harus berdiri menopang tubuh, serta menjadi kulit pertama yang mengalami hentakan, saat berjalan. Hentakan dan tekanan pada tumit membuat kulit kaki menjadi rentan pecah.

Selain itu, menurut Dr Maria Dwikarya, SpKK, dari Klinik Tomang, Jakarta Barat, seperti yang dikutip dari Kompas.com. Ternyata penyebab kulit telapak kaki yang pecah-pecah dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, di antaranya usia dan gangguan hormonal. Bertambahnya usia seseorang membuat kondisi tubuhnya mengalami penurunan kualitas, termasuk kaki, sehingga rentan mengalami berbagai permasalahan. Sedangkan faktor eksternal, antara lain perubahan cuaca yang drastis dan pemakaian sabun atau deterjen. Kandungan soda dalam deterjen menyebabkan kulit kaki kehilangan kelembapannya dalam jumlah besar, sehingga membuatnya jadi sangat kering dan akhirnya pecah-pecah.

Berikut Cara Mengatasi Kulit Telapak Kaki Pecah-pecah : 
  1. Rendam kaki Anda dalam air hangat selama sekurang-kurangnya lima menit untuk melunakkan kulit secara menyeluruh. Tambahkan baby oil atau susu dalam bak perendaman untuk membantu melembutkannya. Selain itu, minyak antiseptik (tree tea oil atau peppermint) dapat membantu untuk memerangi infeksi ringan.
  2. Gosok kaki dengan exfoliator. Anda bisa membuatnya dengan campuran madu, minyak zaitun, dan gula merah tumbuk.
  3. Bilas kaki sambil digosok dengan batu apung untuk memuluskan tumit yang kasar dan kapalan. Jangan menggosok terlalu keras. Sebab akan menimbulkan luka dan hasilnya kulit kembali pecah-pecah serta kapalan.
  4. Jika menemukan daerah yang sangat keras, teteskan perasan air jeruk lemon.
  5. Terakhir setelah kering, oleskan foot cream lalu bungkus kaki dengan kaus kaki. Lakukan ini setiap minggu.
Semoga bermanfaat…

No comments:

Post a Comment

SHARE THIS

Blog Archive